09 April 2016

PERSYARATAN dan KELENGKAPAN TRY OUT KE TURNAMEN CATUR DI LUAR NEGERI


MENJELANG Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat, beberapa Pengurus Provinsi (Pengprov) PERCASI telah mulai menjalankan program Pemusatan Latihan Daerah (PELATDA) yang tentunya telah dikoordinasikan dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi masing-masing, dengan salah satu bagiannya adalah try-out atau uji coba tanding. Dan beberapa Pengprov PERCASI telah menanyakan ke PB PERCASI tentang persyaratan melaksanakan try-out dengan mengikuti turnamen catur di luar negeri.
Pertama-tama yang perlu diperhatikan adalah antara turnamen catur resmi di luar negeri yang diadakan oleh sebuah Federasi Catur anggota Federasi Catur Internasional (FIDE), salah satu persyaratan utamanya adalah mendapat rekomendasi dari Federasi Catur asal peserta. Sedangkan untuk turnamen yang bersifat open, peserta dari mana pun boleh mengikutinya tanpa harus direkomendasi oleh Federasinya.

Untuk turnamen resmi yang diadakan oleh Federasi Catur Internasional (FIDE) sepanjang tahun 2016 bisa dilihat pada foto berikut (klik pada foto agar terbuka lebih jelas di halaman baru), dengan event di tiap zona/benua beserta jadwal pelaksanaannya bisa di-scroll ke bawah pada halaman yang terbuka.

Yang juga perlu dicatat adalah untuk turnamen catur “resmi” atau pun turnamen catur “open”, persyaratan utama yang harus dimiliki oleh setiap peserta adalah FIDE ID. Karena itu, pada kesempatan ini PB PERCASI menghimbau kepada semua Pecatur Indonesia yang BELUM memiliki FIDE ID (baik pecatur junior, senior, maupun veteran ) agar segera mengajukan aplikasi FIDE ID ke PERCASI Kabupaten/Kota masing-masing atau ke Pengurus Provinsi (Pengprov) PERCASI masing-masing. Selanjutnya Pengprov PERCASI segera meneruskannya ke PB PERCASI (bisa melalui e-mail agar prosesnya cepat ke: pb.percasi@gmail.com) paling lambat tanggal 1 Mei 2016 secara GRATIS (sesudah tanggal 1 Mei 2016 dikenakan biaya per aplikasi FIDE ID sebesar 5 Euro setiap pemain). Syarat pengajuan FIDE ID sangat mudah, hanya menuliskan: nama lengkap,  tanggal lahir lengkap, dan alamat lengkap dengan melampirkan fotocopy KTP dan/atau fotocopy paspor bagi yang sudah memiliki (bila melalui e-mail, fotocopy KTP dan/atau paspor harap di scan). Selain pemain atau atlet catur, wasit dan pelatih catur yang hendak menuju jenjang internasional juga wajib memiliki FIDE ID. 

Untuk melihat List FIDE ID yang telah dimiliki oleh insan catur Indonesia (pemain, wasit, pelatih) klik pada gambar di bawah untuk melihatnya lebih jelas di situs resmi FIDE:

Pengprov PERCASI di seluruh Indonesia yang berencana melaksanakan try-out ke turnamen catur di luar negeri bagi atletnya, atau pun atlet catur yang dengan biaya swadaya ingin mengikuti turnamen catur di luar negeri, dan memerlukan rekomendasi dari PB PERCASI, persyaratan-persyaratan utama yang wajib disiapkan adalah:
1. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan sebelum expired/kedaluwarsa.
2. Pasfoto warna (dengan latar belakang putih) ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar dan ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar.
3. Membuat biodata lengkap yang berhubungan dengan FIDE ID: nama lengkap, tanggal lahir lengkap, nomor FIDE ID dan ELO Rating (bila telah memiliki gelar catur Internasional juga wajib dicantumkan).
Semua data tersebut bisa dikirimkan melalui e-mail ke: pb.percasi@gmail.com (untuk paspor dan pasfoto harap discan dengan jelas/terang) setidaknya 2 bulan sebelum turnamen yang akan diikuti berlangsung, karena memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk pengurusan visa. Untuk negara-negara yang tidak memerlukan visa, setidaknya 1 bulan sebelum turnamen yang akan diikuti berlangsung harus sudah dikirimkan. Ketentuan mengenai batas akhir pendaftaran dan batas akhir pembayaran registrasi (termasuk pembayaran akomodasi), umumnya sudah tercantum di regulasi turnamen. Yang perlu diketahui, panitia turnamen-turnamen catur di luar negeri sangat ketat memberlakukan ketentuan-ketentuan tersebut tanpa sedikit pun toleransi. 

Contoh scan paspor yang benar (pada 2 halaman paspor yang ada fotonya):

Menanggapi banyaknya ‘rencana’ pemberangkatan atau keberangkatan atlet ke tunamen catur di luar negeri belakangan ini, maka PB PERCASI hanya akan merekomendasi untuk mereka yang mengirimkan data-data lengkap tersebut paling awal dan tidak akan terikat dengan pembicaraan atau pun komitmen melalui telepon/sms.

Demikian persyaratan-persyaratan untuk mengikuti turnamen catur di luar negeri, semoga dengan adanya program PELATDA dalam persiapan PON XIX/2016 khususnya try-out ke turnamen catur di luar negeri, semakin meningkatkan kemampuan dan prestasi para pecatur Indonesia di kancah Internasional. Gens Una Sumus. 

Facebook
0 Blogger