22 April 2022

PENGUKUHAN DAN PELANTIKAN PB PERCASI MASA BAKTI 2022-2026

PENGUKUHAN dan Pelantikan Pengurus Besar PERCASI Masa Bakti 2022-2026 oleh Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman telah dilaksanakan pada tanggal 01 April 2022 di Ruang Puri Ratna Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.  
Susunan Pengurus Besar PERCASI 2022-2026 terdiri dari: 7 Anggota Dewan Pembina, 1 Ketua Umum, 4 Wakil Ketua Umum, 1 Sekjen, 1 Wasekjen, 1 Bendahara, 1 Wakil Bendahara, membawahi 13 Bidang dan 3 Komisi. Total Pengurus Pleno adalah 35 orang  plus Dewan Pembina 7 orang = 42 orang.


                                    
Dalam sambutannya, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman menyampaikan terima kasih untuk kontribusi pengurus dan atlet catur selama ini. “SEA Games lalu di Filipina, Indonesia adalah juara umum catur,” ujar Marciano. “Di tangan saudara-saudara, Indonesia akan menjadi besar karena kontribusi yang anda berikan!” 

Kontribusi catur pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua pun ia apresiasi. “Catur menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dan semua berjalan dengan baik,” kata Marciano. PON selanjutnya, PERCASI harus mempersiapkan diri lebih baik. “Kita sedang persiapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Aceh - Sumatera Utara, besar harapan saya, evaluasi PON XX kemarin akan menjadi dasar menyelenggarakan event catur 4 tahunan lebih baik.” Marciano pun berharap, pengurus PERCASI di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota dapat sosialisasikan catur lebih masif di masyarakat, terutama untuk menjaring hingga mencetak atlet catur terbaik. “Atlet catur adalah orang-orang yang punya kemampuan taktis dan strategis untuk menyelesaikan hambatan-hambatan yang kita hadapi,” kata Marciano seusai pelantikan. 
 
GM Utut Adianto mengatakan, “Pengurus Besar PERCASI kali ini adalah pengurus untuk estafet ke depan. AD/ART kami untuk jabatan Ketua Umum hanya untuk dua periode saja.” Ia menyinggung bahwa organisasi olahraga semestinya fokus pada penjaringan hingga pembinaan atlet. Ia tetap memegang teguh tiga siklus dalam bekerja memajukan dunia catur Indonesia. “Tiga siklus tidak putus: siklus pelatihan, pengiriman pemain, dan evaluasi pemain,” tandasnya.

Dalam kepengurusan PB PERCASI 2022-2026 ini terdapat beberapa wajah baru yang sebelumnya adalah atlet catur yang berprestasi, antara lain GM Susanto Megaranto di Bidang Pembinaan dan Prestasi dan IM Tirta Chandra Purnama di Komisi Pelatnas Tim Junior.

Semoga kepengurusan PB PERCASI 2022-2026 yang baru saja dikukuhkan dan dilantik mampu bekerja lebih profesional dan proaktif memajukan Catur Indonesia. Gens Una Sumus.    

Facebook
0 Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar