04 Januari 2017

WELCOME 2017 and CHESS TOURNAMENT 2017

SELAMAT Tahun Baru 2017 untuk semua Sahabat Catur Indonesia, semoga di tahun 2017 ini kita semakin terpacu untuk meningkatkan prestasi masing-masing di percaturan Nasional maupun Internasional. Salam Sukses!

Berikut adalah pemberitahuan sekaligus undangan resmi turnamen catur Internasional yang sudah diterima oleh PB PERCASI (meskipun ada beberapa turnamen catur Internasional lagi yang sudah memberitahu PB PERCASI, tetapi sebelum jelas "keberadaan/keabsahan" turnamen-turnamen catur tersebut tidak/belum akan kami umumkan untuk menghindari turnamen-turnamen catur Internasional yang "palsu"):


1. ASIAN Zone 3.3 Chess Championships 2017 di Tagaytay Filipina, tanggal 24 Februari s/d 6 Maret 2017
Turnamen catur resmi tingkat Asia ini merupakan seleksi awal atau babak kualifikasi untuk menuju Kejuaraan Dunia Catur Perorangan Putra-Putri. Dua peringkat teratas di kelompok Open berhak mewakili zona 3.3 (termasuk Indonesia) untuk mengikuti Kejuaraan Dunia Catur Perorangan (FIDE World Cup) 2017 di Batumi Georgia sekitar bulan September 2017 (selanjutnya Juara FIDE World Cup 2017 akan dipertemukan dengan Juara FIDE Grand Prix Series 2017, dengan pemenangnya merupakan kandidat penantang Juara Dunia Catur saat ini Magnus Carlsen dan akan dilaksanakan pada tahun 2018). Sementara hanya Juara pertama di kelompok Women yang berhak mewakili zona 3.3 ke Kejuaraan Dunia Catur Wanita 2018.

Regulasi lengkap (termasuk jadwal dan persyaratan peserta) bisa dilihat atau didownload di sini:

2. The 7th HDBANK CUP INTERNATIONAL OPEN Chess Tournament 2017 di Ho Chi Minh City Vietnam, tanggal 11 s/d 18 Maret 2017
Turnamen catur yang ini bersifat open, artinya siapa pun boleh mengikutinya termasuk para pecatur dari Indonesia. Terbagi dalam 2 kelompok: Masters (untuk pecatur putra dengan ELO/FIDE Rating diatas 2100, pecatur putri dengan ELO Rating diatas 2000) dan Challengers (untuk pecatur putra/putri dengan ELO Rating dibawah 2100 atau yang belum memiliki ELO Rating). Total hadiahnya memang lumayan besar 45.000 USD (atau sekitar Rp 600 juta-an), jadi pecatur Indonesia yang sudah memiliki FIDE ID dan "tergiur" hadiahnya, silakan saja kalau mau mengikuti turnamen catur ini.

Catatan: mulai tahun 2017 ini, bagi pengajuan FIDE ID baru dikenai biaya 10 Euro (atau sekitar Rp 150 ribu) per orang dengan mengirimkan data-data lengkap (nama lengkap, tempat-tanggal lahir, alamat lengkap – dilampiri scan/fotocopy paspor dan pasfoto berwarna ukuran bebas) melalui e-mail ke: pb.percasi@gmail.com 

Regulasi lengkap (termasuk jadwal, persyaratan peserta, total hadiah dll) bisa dilihat atau didownload di sini: 

3. FIDE WORLD SCHOOL CHESS CHAMPIONSHIP 2017 di Iasi Rumania, tanggal 21 April s/d 1 Mei 2017
Turnamen catur ini dikhususkan bagi para pelajar, hingga tahun 2016 Kemendikbud Dirjen Sekolah Dasar dan Menengah bersama PB PERCASI masih bekerjasama mengikut-sertakan para juara O2SN SD dan SMP tahun-tahun sebelumnya ke World School Chess Championship. Namun tahun 2017 ini dengan adanya perubahan cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan pada O2SN, PB PERCASI masih menunggu jawaban atau kepastian dari Kemendikbud mengenai perubahan tersebut. Bila ada orangtua yang tertarik mengikutsertakan putra/putrinya ke event ini dengan biaya swadaya, silakan menghubungi PB PERCASI jauh-jauh hari melalui e-mail: pb.percasi@gmail.com untuk didaftarkan, karena pengurusan visa Rumania memerlukan waktu yang cukup lama sekitar 3 mingguan.

Regulasi lengkap (termasuk jadwal dan persyaratan peserta dll) untuk lebih jelasnya bisa dilihat atau didownload di sini: 

Facebook
0 Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar