20 Maret 2015

WOMEN'S WORLD CHESS CHAMPIONSHIP 2015 LIVE GAMES Round 2 Game 1

SAYANG sekali pada game tie-break catur cepat yang dipertandingkan semalam (19 Maret 2015) langkah IM WGM Irine Kharisma Sukandar (Indonesia) menorehkan prestasi gemilang di Women’s World Chess Championship 2015 harus terhenti. Dia ditaklukkan lawannya IM Melia Salome dari Georgia.

Pada game ke-1 catur cepat (rapid chess) Irene dengan buah hitam sempat unggul kualitas di langkah ke-29 dengan manuver kudanya (kuda tukar dengan benteng lawan), namun dua langkah kemudian di langkah ke-31 pertahanan sayap rajanya terancam oleh manuver benteng Melia ke petak g3, yang sulit dibendung oleh Irene karena menterinya “tersesat” di petak b6 dan benteng a8 pasif (bila pun perwira pertahanannya yang aktif yaitu kuda di petak d5 dimundurkan ke g6, pertahanan sayap raja Irene tetap akan bobol). Irene menyerah di langkah ke-55.

Pada game ke-2 catur cepat dimana Irene memegang buah putih, seharusnya dia punya peluang untuk membalas. Posisinya sedikit lebih unggul sejak langkah ke-17 ketika Melia memutuskan untuk tidak rokade.  Dengan posisinya yang kurang menguntungkan, berpedoman pada teori, Melia memaksakan pertukaran menteri di langkah ke-21, yang sayangnya diterima oleh Irene (seharusnya Irene menghindar pertukaran menteri karena lajur e sudah dikuasai penuh oleh kedua bentengnya). Di langkah-langkah selanjutnya sikon batin kedua pemain terlihat, Irene memaksakan kemenangan untuk menyamakan skor – sementara Melia “nothing to lose”. Dengan sikon demikian, tentu saja berpengaruh terhadap langkah-langkah yang dijalankan, yang pada akhirnya membuat Irene krisis waktu dan menjalankan langkah-langkah tanpa sempat berpikir panjang lagi. Irene menyerah di langkah ke-65.


Tapi setidaknya Irene telah menorehkan jejak di sejarah Catur Indonesia sebagai pecatur puteri pertama dari Indonesia yang berhasil lolos kualifikasi menuju Kejuaran Catur Dunia Wanita. Pertandingan babak ke-2 Women’s World Chess Championship berlanjut hari ini 20 Maret 2015 mulai pukul 19.00 WIB, dengan hanya menyisakan 32 pecatur wanita terkuat di dunia saat ini namun dengan situasi pertandingan yang semakin mendebarkan. Bila Anda tertarik menonton siaran langsung game-game yang dipertandingkan, klik di tab atas halaman ini, atau disini: LIVE GAMES Women's World Chess Championship 2015.

Facebook
0 Blogger