21 November 2015

PARA JUARA KEJURNAS CATUR KE-45/2015

PADA tahun 2015 ini, Kejurnas Catur telah ke-45 kalinya diselenggarakan semenjak Kejurnas Catur pertama di Solo pada tahun 1953. Berdasarkan Keputusan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) PERCASI Ke-37/2014 di Makassar, telah ditetapkan tuan rumah Kejurnas Catur Ke-45/2015 seharusnya Pengprov PERCASI Maluku, tetapi pada tahap persiapan ternyata Pengprov PERCASI Maluku menyatakan belum siap melaksanakannya. Maka setelah mencari dan gagal mendapatkan alternatif tuan rumah pengganti, PB PERCASI terpaksa mengambil-alih pelaksanaan Kejurnas Catur Ke-45/2015 dengan menetapkan venue di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur dan dilaksanakan mulai tanggal 28 Oktober 2015 (pembukaan) s/d 3 November 2015 (penutupan), kepulangan peserta tanggal 4 November 2015.



Kejurnas Catur Ke-45/2015 dibuka secara resmi oleh Kemenpora yang diwakili oleh Deputi Peningkatan Prestasi Olahrga Prof. DR Djoko Pekik Irianto, didampingi oleh Wakil Ketua Umum KONI Pusat Marsma TNI (Purn) Suryadarma dan Ketua Umum PB PERCASI Hashim Djojohadikusumo pada hari Rabu tanggal 28 Oktober 2015 pukul 20.00 WIB.
Dalam sambutan pembukaannya, Prof. DR Djoko Pekik Irianto antara lain mengatakan bahwa pihak Kemenpora akan selalu mendukung pelaksanaan Kejurnas Catur agar segera dapat dilahirkan grandmaster-grandmaster baru untuk meneruskan prestasi yang telah ditorehkan oleh Grandmaster Utut Adianto di masa lalu.





Kemenpora akan selalu mendukung pelaksanaan Kejurnas Catur agar segera dapat dilahirkan Grandmaster-grandmaster baru dari Indonesia. 
Animo dan antusias peserta diluar perkiraan panitia, tercatat pada saat acara pembukaan diikuti oleh 624 peserta, ternyata pada pertandingan babak ke-1 tanggal 29 Oktober 2015 yang dimulai pukul 14.00 WIB, peserta bertambah menjadi 714 peserta yang berasal dari 33 provinsi se Indonesia (hanya Pengurus Provinsi PERCASI Papua Barat yang absen berpartisipasi pada Kejurnas Catur kali ini), yang bertanding di 17 kelompok putra-putri. 


Peringkat teratas kelompok Terbuka dan Wanita mendapat kehormatan bertanding di panggung menggunakan papan catur elektronik DGT Smart Board, sayangnya di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta tidak ditunjang jaringan internet sehingga rencana panitia untuk menyiarkan secara langsung game-game yang sedang dipertandingkan di papan utama tersebut terpaksa batal.




Kejurnas Catur Ke-45/2015 berakhir pada tanggal 3 November 2015 dan ditutup secara resmi pada pukul 20.30 WIB oleh Wakil Ketua Umum I PB PERCASI Drs. GM Utut Adianto yang didampingi oleh Wakil Ketua Umum II PB PERCASI Rusdi Taher, SH.
Juara di kelompok terbuka yang merupakan kelompok tertinggi pada Kejurnas Catur Ke-45/2015 ini diraih oleh IM Sean Winshand Cuhendi dari DKI Jakarta, disusul oleh rekannya IM Tirta Chandra Purnama yang juga dari DKI Jakarta dan pecatur unggulan Indonesia saat ini GM Susanto Megaranto dari Jawa Barat harus puas menempati peringkat ke-3.


Juara di kelompok senior wanita diraih oleh WIM Chelsie Monica Sihite dari Kalimantan Timur, diikuti oleh debutan baru pecatur junior MPW Shanti Nur Abidah dari Jawa Tengah menempati peringkat ke-2 dan lagi-lagi pecatur putri unggulan WGM Medina Warda Aulia dari DKI Jakarta kali ini terpeleset ke peringkat ke-3.

Khusus untuk sang Juara di dua kelompok ini juga memperoleh wild card sebagai anggota Timnas Catur Indonesia untuk Olimpiade Catur Tahun 2016 di Baku Azerbaijan.



Para Juara di kelompok lainnya beurutan sebagai berikut:
Para Juara Kelompok Veteran (U > 55)

Para Juara Kelompok Junior Putra A (U-19) dan suasana saat acara penutupan

Para Juara Kelompok Junior Putri A (U-19)

Para Juara Kelompok Junior Putra B (U-17 sebelah kiri) dan Junior Putra C (U-15 sebelah kanan)

Para Juara Kelompok Junior Putri B (U-17 sebelah kiri) dan Junior Putri C (U-15 sebelah kanan)

Para Juara Kelompok Junior Putra D (U-13 sebelah kiri) dan Junior Putra E (U-11 sebelah kanan)

Para Juara Kelompok Junior Putri D (U-13 sebelah kiri) dan Junior Putri E (U-11 sebelah kanan)

Para Juara Kelompok Junior Putra F (U-9 sebelah kiri) dan Junior Putra G (U-7 sebelah kanan)

Para Juara Kelompok Junior Putri F (U-9 sebelah kiri) dan Junior Putri G (U-7 sebelah kanan)

Tampil sebagai Juara Umum pada Kejurnas Catur Ke-45/2015 adalah Pengprov PERCASI DKI Jakarta, diikuti oleh Pengprov PERCASI Jawa Barat sebagai Juara Umum II dan Pengprov PERCASI Kalimantan Timur sebagai Juara Umum III.
Bagi 21 Pengprov PERCASI peserta yang belum "beruntung" memperoleh medali, anggap saja kegagalan kali ini merupakan sukses yang masih tertunda..! Terpenting, jangan pernah kendur apalagi merasa putus asa dalam membina atlet-atlet catur khususnya pecatur-pecatur junior di daerah masing-masing.
Gens Una Sumus. Kita Satu Keluarga.
Facebook
0 Blogger