26 Mei 2016

ASIAN CONTINENTAL CHESS CHAMPIONSHIP 2016

FEDERASI Catur Uzbekistan ditunjuk oleh Federasi Catur Asia dan Federasi Catur Dunia (FIDE) untuk melaksanakan Asian Individual Chess Championship Men and Women 2016 – atau yang lebih “akrab” disebut ASIAN CONTINENTAL Chess Championships 2016 – dan menetapkan kota Tashkent untuk menyelenggarakannya mulai tanggal 25 Mei sampai 5 Juni 2016. Sama-sama kita ketahui bahwa pecatur putri unggulan Indonesia saat ini IM-WGM Irine Kharisma Sukandar berhasil menjuarai kejuaraan ini di kategori women pada tahun 2012 dan 2014, sehingga berhak ikut-serta pada Kejuaraan Catur Dunia Wanita tahun 2015 lalu (baca: WOMEN'S WORLD CHESS CHAMPIONSHIP 2015) dan Kejuaraan Catur Dunia Wanita pada tahun 2017 mendatang.

Kali ini para pecatur putra Indonesia tampaknya ingin menjajal kemampuan mereka di kejuaraan resmi tingkat Asia yang cukup berat ini (tampaknya juga sekalian digunakan sebagai ajang try-out PON XIX/2016 oleh Pengurus Provinsi PERCASI yang membina mereka), tercatat 7 pecatur putra papan atas Indonesia dan “hanya” 1 pecatur putri Indonesia yang telah terdaftar sebagai peserta dan telah tiba di Tashkent semalam (25 Mei 2016 pukul 20.30 waktu Tashkent). Berikut nama-nama dan foto mereka:
(Keterangan: nama-nama pada foto dari kiri ke kanan sesuai urutan di registration form 1 s/d 8)

Asian Continental Chess Championships 2016 menggunakan format pertandingan utama Catur Standar/Klasik dengan jatah waktu berpikir untuk setiap pemain adalah 90 menit untuk 40 langkah, ditambah 30 menit sampai dengan selesai, dengan increment (bonus waktu) 30 detik setiap langkah sejak langkah pertama. Sistem pertandingan: Swiss 9 Babak. Di hari terakhir kejuaraan (4 Juni 2016) masih ada pertandingan menggunakan format Catur Kilat/Blitz. 

Jadwal lengkap berikut mungkin bisa digunakan oleh teman-teman pencinta Catur Indonesia yang belakangan ini semakin banyak yang “ketagihan” menonton siaran langsung pertandingan catur melalui internet, dengan catatan: jam yang tercantum adalah Waktu Tashkent yang selisih sekitar 2 jam dengan Waktu Indonesia Barat (WIB) – WIB lebih awal sekitar 2 jam. 
(Jangan lupa babak pertama dipertandingkan hari ini 26 Mei 2016 mulai sekitar pukul 16.00 WIB, namun maaf sampai saat ini Catur Indonesia belum memperoleh informasi dari panitia di situs mana siaran live akan ditampilkan)  

Lima peserta peringkat teratas di kelompok Open berhak maju ke Kejuaraan Catur Dunia Tahun 2017, dan hanya Juara pertama saja di kelompok Women yang berhak maju ke Kejuaraan Catur Dunia Wanita. 

Ayo kita lihat kiprah para pecatur kita di event ini, sambil berdoa semoga ada yang berhasil meraih peringkat atas untuk maju ke Kejuaraan Catur Dunia Tahun 2017 membawa nama Indonesia.

Salam Satu Keluarga.      


Facebook
0 Blogger