18 Juni 2017

PENATARAN WASIT & PELATIH CATUR 2017 - PENDAFTARAN ONLINE

PADA tahun 2017 ini, hampir bersamaan dengan pelaksanaan MUNAS PERCASI XXVIII dan KEJURNAS CATUR Ke-46, juga akan diadakan Penataran Wasit/Pelatih Catur dengan biaya masing-masing Rp 750 ribu sudah termasuk makalah/materi di Grand Cempaka Resort Cipayung Bogor mulai tanggal 18 s/d 21 Juli 2017. Sedangkan untuk upgrading atau kenaikan jenjang wasit, untuk tahun ini batal/tidak diadakan.

Bagi yang berminat mengikuti Penataran Wasit/Pelatih Catur 2017, bisa mengisi formulir pendaftaran online berikut (mohon diisi dengan benar dan lengkap sebelum mengklik tombol "kirim" di bagian bawah, karena formulir yang sudah Anda kirim langsung tercatat di sistem dan sudah tidak bisa dikoreksi lagi)



Perlu diketahui khususnya bagi para pelatih catur, mulai tahun 2017 ini Federasi Catur Internasional (FIDE) melalui Komisi Pelatihan FIDE telah mengumumkan ketentuan baru, yaitu: para official/pendamping atlet,  pelatih atlet, kapten tim kejuaraan catur beregu di event/kejuaraan catur resmi FIDE (mulai kejuaraan tingkat zona hingga Olimpiade Catur) harus dijabat oleh personel/orang yang sudah memiliki Sertifikat Pelatih minimal Developmental Instructor (DI).

Berikut jenjang pelatih yang ditetapkan FIDE dari yang tertinggi sampai yang pemula:
1. FIDE Senior Trainer (FST)
2. FIDE Trainer (FT)
3. FIDE Instructor (FI)
4. National Instructor (NI)
5. Developmental Instructor (DI)

Berikut surat edarannya yang diterima oleh PB PERCASI:
FIDE sudah menerapkan ketentuan baru tersebut “secara mendadak” pada Olimpiade Catur Ke-42 Tahun 2016 di Baku Azerbaijan, dan sejak awal tahun 2017 ini di kejuaraan resmi yang diakui FIDE (salah satu contohnya di Eastern Asia Junior U-20 Filipina 2017) juga telah mencantumkan ketentuan tersebut. Sertifikasi Pelatih Catur Internasional mulai diberlakukan “secara ketat” oleh FIDE karena permintaan International Olympic Committee (IOC) atau Komite Olimpiade Internasional, yang mana – semoga – tidak lama lagi Catur akan dimasukkan sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada Olimpiade (Internasional) Multi Cabang. 

PB PERCASI juga akan segera mengadopsi ketentuan baru tersebut, yaitu para pendamping atlet (contoh: orangtua yang mendampingi langsung anaknya bertanding harus memiliki sertifikat Pelatih Catur, terlebih pada saat dia mengajukan klaim/protes pada Wasit/Panitia yang bersifat teknis permainan, dia harus bisa menunjukkan sertifikat pelatih yang dimilikinya. Bila tidak memiliki sertifikat pelatih, Wasit/Panitia tidak akan menanggapi klaim/protesnya), pelatih atlet, official resmi provinsi, dan kapten tim catur beregu, harus sudah memiliki sertifikat pelatih (PNP-PNM-PN), yang akan dimulai sesudah MUNAS PERCASI XXVIII/2017 dan akan diberlakukan pada Kejuaraan Catur resmi tingkat Nasional antara lain pada POMNAS 2017, POR KORPRI 2017, O2SN Tahun 2018, Kejurnas Catur Tahun 2018, PON REMAJA 2018 – sedang dalam tahap negosiasi final oleh KONI Pusat untuk diadakan tahun depan, berlanjut Pra PON 2019 hingga PON XX/2020 Papua dst. 

Saat inipun Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Asisiten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan telah mendesak seluruh Organisasi Induk Cabang Olahraga termasuk PB PERCASI untuk melakukan pendataan pelatih/instruktur dan wasit/juri yang sudah bersertifikat.  

Facebook
1 Blogger

1 komentar:

  1. Saya atas nama Abdul Suib bertitel WNM dengan ini menyatakan tidak lagi mau menggunakannya untuk dan atas nama Aceh & pemerintah kota Subulussalam... Adapun penggunaan nama saya atas wasit Aceh dan pemerintah kota subulussalam itu tidak benar

    BalasHapus