16 April 2015

JAPFA GRANDMASTER TOURNAMENT 2015 - OPENING CEREMONY and ROUND 1

TURNAMEN catur internasional JAPFA Grandmaster Tournament 2015 dibuka secara resmi oleh Menpora Imam Nahrawi tanggal 15 April 2015 sekitar pukul 14.30 WIB di Hotel Kartika Chandra Jakarta. Dalam sambutannya, Menpora mengatakan merasa senang dan berharap turnamen catur seperti ini bisa terus diselenggarakan secara rutin oleh PB PERCASI untuk meningkatkan prestasi para pecatur Indonesia sampai lahir grandmaster-grandmaster baru yang menggantikan – bukan menggantikan, ralat Menpora, “Tapi meneruskan prestasi Grandmaster Utut Adianto.”

Menurut Menpora, catur bukan semata olahraga asah otak, tapi juga kemampuan mengendalikan emosi. "Saya dulu sering bermain catur dan ketika merasa sudah menang, buru-buru merasa senang dulu, akhirnya saya malah tidak pernah menang kalau main catur. Jadi catur bukan hanya olahraga, tapi juga olahrasa dan olah-hati bagaimana kita bisa mengendalikan emosi kita. Kepada PT JAPFA saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya sebagai salah satu perusahaan yang telah berperan menjadi Bapak Asuh Catur, dan semoga kedepannya bukan hanya menjadi Bapak Asuh tapi menjadi Bapak “Asli”. Mudah-mudahan juga perusahaan-perusahaan yang lain mengikuti jejak PT JAPFA untuk menjadi Bapak Asuh cabang-cabang olahraga lainnya di Indonesia. Saya juga berharap kepada panitia pelaksana meluangkan waktu di sela-sela turnamen ini, untuk mengantarkan para atlet yang berasal dari mancanegara jalan-jalan menikmati kota Jakarta, salah satunya coba diantar untuk menikmati ‘sambal setan’ yang berada di kawasan Menteng, karena itu merupakan salah satu ciri khas negara kita yang tidak ada di negara lain.”

Menpora hadir didampingi Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Djoko Pekik Irianto, dari KONI Pusat hadir Sekjen Hamidi mewakili Ketua Umum, dari PT JAPFA Comfeed hadir Komisaris Perusahaan Ignasius Heri Wibowo bersama Direktur PT So Good Food Deny Gumulya serta Wakil Direktur Public Relations JAPFA Artsanti Alif.

Turnamen ini diikuti oleh 12 pecatur level internasional undangan, dengan komposisi 6 pecatur berasal dari Indonesia, yaitu: IM Sean Winshand Cuhendi (ELO Rating 2428), IM Farid Firman Syah (ELO 2424), IM Irine Kharisma Sukandar (ELO 2415), WGM Medina Warda Aulia (ELO 2404), FM Muhammad Lutfi Ali (ELO 2401), dan IM Tirta Chandra Purnama (ELO 2393). 

Sedangkan 6 pecatur yang berasal dari mancanegara yaitu: GM Sergei Tiviakov berasal dari Rusia tapi saat ini membawa bendera Belanda (ELO 2662), GM Geetha Narayanan Gopal berasal dari India (ELO 2577), GM Rogelio Antonio Jr berasal dari Filipina (ELO 2483), GM Nguyen Anh Dung berasal dari Vietnam (ELO 2464), IM Alina L'Ami berasal dari Rumania (ELO 2397) dan IM Sophie Milliet berasal dari Perancis (ELO 2377).

Babak ke-1 JAPFA Grandmaster Tournament 2015 langsung dipertandingkan sesudah dibuka resmi oleh Menpora dengan menjalankan langkah pertama di setiap papan. Pairing dan hasil babak ke-1 serta pairing dan hasil babak-babak selanjutnya dapat dilihat di sini:



Facebook
0 Blogger